Manfaat Komentar

Setelah membaca Blog Profit Blueprint karya Yaro Starak yang diterjemahkan oleh Agung Firdaus, saya berkesimpulan bahwa masih terlalu banyak yang harus dipelajari untuk membuat blog yang sukses, padahal saya ingin menjadi seorang blogger profesional (halah... cita-cita kok tinggi buangeeet ya...) Banyak informasi berharga yang saya dapat setelah membaca ebook ini, salah satunya bagaimana cara mempromosikan blog "http://seokita.com/index.php/2007/09/17/mempromosikan-blog-dengan-efektif/" yang saat ini saya terapkan yaitu meninggalkan komentar di blog lain. Silahkan download ebook gratis "blog profit blueprint" berbahasa Indonesia di situs http://www.lulu.com, dan situs Agung Firdaus.

Trik mempromosikan blog ini sudah saya lakukan selama 2 minggu, traffic yang didapat mudah-mudahan masih belum menunjukkan grafik naik yang signifikan, asumsi saya traffic yang datang masih dari empunya blog yang saya tinggalkan komentarnya, karena seperti biasanya akan ada kunjung balik jika kita berkomentar pada salah satu postingan blog lain. Dalam hal ini saya berpegang pada prinsip "memberi dulu sebelum menerima", untuk jumlah komentar saya buat 1 komentar untuk 10 blog yang berbeda, akan ada 10 link dari blog ini setiap hari diblog lain, berarti 1 bulan kedepan akan ada 300 link ke blog ini dari blog yang berbeda. Selain akan menjadi backlink link komentar itu juga akan menjadi pintu gerbang keblog ini.

Tips ini menurut saya sederhana tapi jitu, tanpa kita sadari juga sudah kita terapkan selama ini hanya saja komentar yang dibuat masih asal-asalan atau mungkin kurang memberi kontribusi yang berarti buat topik yang dibahas. Kalau anda memberi komentar sebelumnya masih asal-asalan maka mulai sekarang cobalah lebih baik lagi karena ini bisa meningkatkan kredibiltas kita dimata blogger lain.

Keuntungan lain meninggalkan komentar diblog bisa membangun komunikasi yang baik dengan sang empunya blog. Jadi komentar yang dibuat bukan hanya sekedar "pertamax" tapi cobalah lebih berbobot dan bisa membuat topik yang dibahas semakin bergairah. Tanpa sengaja nemu blognya mbak Maia, coba perhatikan pada postingan dengan komentar yang super banyak lebih 1800 komentar.

Kelemahan dari trik ini kita harus meluangkan waktu yang cukup banyak untuk membuat komentar yang bermutu, tapi lagi-lagi kita harus melihat dari sisi baiknya, dengan membuat komentar bermutu kemampuan menulis kita akan secara otomatis lebih terlatih dan lebih terasah, satu lagi komunikasi kita dengan blogger lain juga akan terjalin baik. Kalau sudah begini siapa tahu kita akan mendapat natural link atau mendapat promosi gratis di blog yang terkenal.

Sebelumnya tidak terpikirkan juga kalau ada 10 aturan memberikan komentar dalam blog (ternyata komentar punya aturan segala...ya...), sebagai tambahan lihat juga Garis Besar Haluan Berkomentar-nya Om Cosa Aranda.

Nah, menurut anda apa keuntungan dan kelemahan dari komentar?

0 Comments:

Post a Comment



Rank

Powered By Blogger

About Me

Curhat
Aku hanyalah anak klas 3 SMP yang sedang mengahdai UN. Coba - coba ikut bisnis adsense, Semoga aq sukses.
Lihat profil lengkapku